Sabtu, 31 Januari 2015

Wisata Kabupaten Lumajang ke Bali

Kabupaten Lumajang berada di daerah provinsi Jawa Timur, dimana provinsi ini memiliki 29 kabupaten dengan potensial hasil alam yang berbeda-beda. Kami dari OverlandBali.blogspot.com mengundang anda yang berada di kawasan Kabupaten Lumajang untuk liburan ke bali. Anda dapat liburan ke Bali menggunakan bus pariwisata dari Kabupaten Lumajang ke bali dengan pelayanan yang maksimal.



Untuk pemesanan paket rombongan wisata ke Bali anda bisa menghubungi kami di alamat email info@parahitatour.com atau website kami di www.parahitatour.com

Keyword
  • Paket tour Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Paket overland Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Paket Wisata Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Liburan anak sekolah Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Wisata karyawan Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Paket ziarah wali pitu Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Jalan jalan dari Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Pariwisata Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Tamasya Kabupaten Lumajang ke Bali
  • Rombongan Kabupaten Lumajang wisata ke bali

Latar Belakang Kabupaten Lumajang

Kabupaten Lumajang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lumajang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat.

Sejarah Kabupaten Lumajang

Nama Lumajang berasal dari nama tempat "Lamajang" yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya.

Prasasti Mula Malurung adalah prasasti tertua yang menyebut keberadaan "Nagara Lamajang", karenanya dianggap sebagai titik tolak hari jadi Lumajang. Prasasti yang ditemukan pada tahun 1975 di Kediri dan berangka tahun 1177 Saka ini diterbitkan oleh Raja Kertanegara dari Singasari untuk memperingati anugerah Raja Seminingrat kepada Pranaraja berupa dua desa perdikan, Mula dan Malurung. Prasasti ini terdiri dari 12 lempengan tembaga, dan lempengan VII halaman A memuat nama-nama putera-puteri dan kerabat Raja Seminingrat yang diangkat menjadi raja-raja bawahan. Salah satunya, disebutkan bahwa Nararya Kirana yang telah dianggap seolah-olah putera sang Prabu, dijadikan raja di Lumajang.[3] Menurut prasasti tersebut penetapan itu terjadi pada tahun 1177 Saka, yang sesuai dengan tanggal 14 Dulkaidah 1165 tahun Jawa atau tanggal 15 Desember 1255 Masehi.

Mengingat cukup meyakinkan bahwa pada 1255 M itu "Negara Lamajang" sudah merupakan sebuah negara yang berpenduduk, mempunyai wilayah, mempunyai raja (pemimpin) dan pemerintahan yang teratur, maka ditetapkanlah tanggal 15 Desember 1255 M sebagai hari jadi Lumajang yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lumajang Nomor 414 Tahun 1990 tanggal 20 Oktober 1990.

Dalam sejarahnya, wilayah ini sangat berhubungan dengan tokoh sejarah bernama Aria Wiraraja. Kitab Pararaton dan Harsawijaya mengisahkan bahwa tokoh yang ketika muda bernama Banyak Wide ini pada mulanya mengabdi di Singasari, namun oleh Raja Kertanegara kemudian dibuang secara halus dari ibukota Singasari dan dijadikan bupati di Sumenep, Madura timur. Aria Wiraraja kemudian berkesempatan memberikan bantuan dan perlindungan kepada Raden Wijaya ketika ia dan rombongannya melarikan diri ke Sumenep akibat kalah perang dengan Jayakatwang. Selanjutnya Pararaton dan Kidung Harsawijaya menceritakan bahwa Wiraraja diberi hadiah wilayah bagian timur Jawa Timur yang diberi nama "Lamajang Tigang Juru", ketika Raden Wijaya berhasil memenangkan perang dan menjadi raja pertama di kerajaan Majapahit. Akan tetapi wilayah itu baru dikuasai dan diperintahnya setelah kematian puteranya, Ranggalawe, yang memberontak kepada Majapahit (1295).[4]

Lihat daftar penawaran Paket Tour Lumajang ke Bali.